DARI EFISIENSI KE EMOSI: PENGALAMAN PELANGGAN YANG BERDAMPAK PADA LOYALITAS DI UMKM KOPI NOLIMIT

Penulis

  • Anhar Januar Malik Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • A. Astagina Nathaniela Saifan Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Habib Abdul Azis Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Asriyani Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Lisda Yanti Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Yusti Rahmiati Institut Teknologi dan Bisnis Kalla
  • Nayla Ulfiah Triazizah Institut Teknologi dan Bisnis Kalla

Kata Kunci:

Pengalaman Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, PLS-SEM, Mediasi Penuh, UMKM

Abstrak

Dalam lanskap bisnis digital yang kompetitif, keberhasilan organisasi telah bergeser secara fundamental dari superioritas produk ke penciptaan Pengalaman Pelanggan (CX) yang unggul. Berangkat dari premis ini, penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis secara empiris model hubungan kausal antara Pengalaman Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan. Secara lebih spesifik, penelitian ini dirancang untuk menguji peran mediasi krusial dari kepuasan pelanggan dalam mekanisme yang menghubungkan pengalaman yang dirasakan pelanggan dengan niat loyalitas mereka di masa depan. Mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain survei kausal-eksplanatori, data primer dikumpulkan melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada responden yang relevan. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Pemodelan Persamaan Struktural Partial Least Squares (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4 untuk menguji hipotesis hubungan langsung dan tidak langsung secara simultan. Hasil analisis menunjukkan tiga temuan utama yang signifikan. Pertama, Pengalaman Pelanggan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan secara statistik terhadap peningkatan Kepuasan Pelanggan. Kedua, Kepuasan Pelanggan secara langsung dan kuat menjadi prediktor utama bagi terbentuknya Loyalitas Pelanggan. Temuan paling sentral dan menjadi jawaban inti dari penelitian ini adalah terbuktinya peran mediasi penuh (full mediation) dari Kepuasan Pelanggan. Ini mengindikasikan bahwa pengaruh positif dari Pengalaman Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan secara esensial harus melalui terbentuknya kepuasan terlebih dahulu. Dampak dari penelitian ini bersifat ganda. Secara teoretis, studi ini memberikan validasi empiris yang kuat terhadap model Experience-Satisfaction-Loyalty dalam konteks bisnis modern. Secara manajerial, temuan ini memberikan panduan strategis yang tak ternilai: untuk membangun loyalitas yang berkelanjutan, investasi tidak cukup hanya pada penciptaan pengalaman, tetapi harus secara aktif memastikan bahwa pengalaman tersebut berhasil diterjemahkan menjadi kepuasan yang mendalam. Kepuasan pelanggan berfungsi sebagai jembatan strategis yang mengubah interaksi positif menjadi aset bisnis jangka panjang berupa loyalitas yang kokoh.

Referensi

Asep Supriadi & Ana Susi Mulyani. (2024). Digital Transformation in Operational Management: A Systematic Review of Current Trends and Practices. Management Studies and Business Journal (PRODUCTIVITY), 1(3), 496-506. https://doi.org/10.62207/07xvt585

Ayinaddis, S. G., Taye, B. A., & Yirsaw, B. G. (2023). Examining the effect of electronic banking service quality on customer satisfaction and loyalty: an implication for technological innovation. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1), 22. https://doi.org/10.1186/s13731-023-00287-y

Bascur, C., Rusu, C., & Quiñones, D. (2020). Customer eXperiences in Retail: Case Studies in Physical and Virtual Channels. In: Meiselwitz, G. (eds) Social Computing and Social Media. HCII 2020. Lecture Notes in Computer Science(), vol 12195. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-030-49576-3_12

Becker, L., & Jaakkola, E. (2020). Customer experience: fundamental premises and implications for research. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(4), 630–648. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00718-x

Bleier, A., Harmeling, C. M., & Palmatier, R. W. (2020). Creating effective online customer experiences. Journal of Marketing, 83(2), 98-119. https://doi.org/10.1177/0022242918809930

Bonfanti, A., Vigolo, V., & Yfantidou, G. (2021). The impact of the Covid-19 pandemic on customer experience design: The hotel managers’ perspective. International Journal of Hospitality Management, 94, 102871. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2021.102871

Bonfanti, A., Vigolo, V., Yfantidou, G., & Gutuleac, R. (2023). Customer experience management strategies in upscale restaurants: Lessons from the Covid-19 pandemic. International Journal of Hospitality Management, 109, 103416. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2022.103416

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Davala, O. (2025). Pengaruh Brand Sensory Experience Terhadap Brand Loyalty dengan Mediasi Brand Attitude dan Brand-self Connection Pada Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Fornell, C., & Larcker, D. F. (1981). Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error. Journal of Marketing Research, 18(1), 39–50. https://doi.org/10.1177/002224378101800104

Forza, C. (2002). Survey research in operations management: a process-based perspective. International Journal of Operations & Production Management, 22(2), 152-194. https://doi.org/10.1108/01443570210414310

Gebayew, C., Hardini, I. R., Panjaitan, G. H. A., Kurniawan, N. B., & Suhardi. (2018). A Systematic Literature Review on Digital Transformation. 2018 International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI), Bandung, Indonesia, pp. 260-265. https://doi.org/10.1109/ICITSI.2018.8695912

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139-152. https://doi.org/10.2753/MTP1069-6679190202

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (3rd ed.). Sage. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Leong, L. Y., Hew, T. S., Lee, V. H., & Ooi, K. B. (2015). An SEM–artificial-neural-network analysis of the relationships between SERVPERF, customer satisfaction and loyalty among low-cost and full-service airline. Expert systems with applications, 42(19), 6620-6634. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2015.04.043

Mainaki, R., & Husda, N. E. (2025). The Effectiveness of Customer Experience and Customer Value on Customer Loyalty at Cinepolis Batam with Customer Satisfaction as an Intervening Variable. Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 11(1), 54-69. https://doi.org/10.31289/jab.v11i1.14162

Mathori, M., & Chasanah, U. (2024). Pengaruh nilai emosional dan nilai sosial pada loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada makanan sehat. Journal Financial, Business and Economics, 1(2), 34-62. https://doi.org/10.57176/jfine.v2i1.12

McColl-Kennedy, J. R., Zaki, M., Lemon, K. N., Urmetzer, F., & Neely, A. (2019). Gaining Customer Experience Insights That Matter. Journal of Service Research, 22(1), 8-26. https://doi.org/10.1177/1094670518812182

Metris, D., Rasyiddin, A., Siahaan, F. S., Aulia, K. R., & Faatihah, A. R. (2025). Inovasi, Teknologi, dan Kepuasan Pelanggan: Kunci Keberhasilan UMKM di Pasar yang Kompetitif. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 8(1), 80-102. https://doi.org/10.36815/bisman.v8i1.3570

Otto, A. S., Szymanski, D. M., & Varadarajan, R. (2020). Customer satisfaction and firm performance: insights from over a quarter century of empirical research. Journal of the Academy of Marketing Science, 48, 543–564. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00657-7

Quartier, K., Claes, S., & Vanrie, J. (2020). A holistic competence framework for (future) retail design and retail design education. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 101914. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101914

Srivastava, M., & Kaul, D. (2016). Exploring the link between customer experience–loyalty–consumer spend. Journal of Retailing and Consumer Services, 31, 277-286. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.04.009

Suchanek, P., & Kralova, M. (2023). Relationship Between Customer Expectations and Financial Performance of Food Industry Businesses in a Customer Satisfaction Model. Economic and Business Review, 25(2), 103-117. https://doi.org/10.15458/2335-4216.1320

Suki, N. M. (2014). Passenger satisfaction with airline service quality in Malaysia: A structural equation modeling approach. Research in transportation business & management, 10, 26-32. https://doi.org/10.1016/j.rtbm.2014.04.001

Tarmidi, D., & Salsabila, A. (2023). The effect of service innovation and e-service quality toward customer satisfaction the my-xl application in bandung city. Enrichment : Journal of Management, 13(1), 532-536. https://doi.org/10.35335/enrichment.v13i1.1301

Zaki, M. (209). Digital transformation: harnessing digital technologies for the next generation of services. Journal of Services Marketing, 33(4), 429-435. https://doi.org/10.1108/JSM-01-2019-0034

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The behavioral consequences of service quality. Journal of Marketing, 60(2), 31-46. https://doi.org/10.2307/1251929

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional & Call for Paper STIE YPUP Makassar