ANALISIS PENGANGGARAN PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH DDI DARUL IHSAN MAKASSAR (TINJAUAN TERHADAP ASPEK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN)
Kata Kunci:
pembiayaan pendidikan, penganggaran, kebijakan pendidikan, madrasah.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kebijakan dan implementasi pembiayaan serta penganggaran dalam pendidikan di Madrasah Aliyah DDI Darul Ihsan. Fokus kajian terletak pada sejauh mana kebijakan pembiayaan pendidikan diterapkan, serta bagaimana perencanaan dan pelaksanaannya dalam menunjang tujuan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan pendidikan di madrasah ini didasarkan pada prinsip efisiensi, efektivitas, dan transparansi. Namun, dalam implementasinya masih terdapat tantangan seperti keterbatasan anggaran, ketergantungan pada dana pemerintah, dan minimnya partisipasi masyarakat. Meskipun demikian, pihak madrasah berupaya mengoptimalkan sumber daya yang ada melalui perencanaan anggaran yang partisipatif dan evaluasi berkala. Studi ini merekomendasikan perlunya diversifikasi sumber pembiayaan serta peningkatan kapasitas manajerial dalam pengelolaan anggaran pendidikan agar lebih berkelanjutan dan adaptif terhadap dinamika kebutuhan pendidikan.
Referensi
Achmad Nasihi, T. A. R. H. (2022). MONITORING DAN EVALUASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 1(1), 77–88.
Aulia Fahma Balqis, W. D. E. D. D. S. (2025). Perencanaan Penggaran Pendidikan Berbasis Manajemen Biaya Terpadu di SMP IT Daarul Istiqlal. JAMBURA ECONOMIC EDUCATION JOURNAL, 7(2), 508–521.
Batubara, H. (2022). ANALISIS PERENCANAAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA PENDIDIKAN. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 258–269.
Bayu Setiawan, E. (2024). Rekonstruksi Kebijakan Hukum Kenaikan Uang Kuliah Tunggal Berdasarkan Tanggung Jawab Konstitusional Negara. Lex Renaissance, 9(2), 394–422. https://doi.org/10.20885/jlr.vol9.iss2.art7
Bilutfikal Khofi, M., & Wafi, I. (2025). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan di Sekolah: Implementasi dan Dampaknya. HATTA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 1. https://jurnal.stkip-majenang.ac.id/index.php/hatta
Dini Lestari, Amin Gani, A., & Hanifah, L. (2024). PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN DANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 5527–5541.
Fakhry, A., Susmayanti, R., Fuqoha, Silaswaty Farid, F., Suwandoko, Azis Zaelani, M., Agustiwi, A., Herlina, Yusup Permana, D., Yudanto, D., Hidayat Muhtar, M., Mulyana Hadi, A., Sam Widodo, I., & Rizaldi, Moh. (2023). ILMU PERUNDANG-UNDANGAN (A. Fitriah, Ed.). Sada Kurnia Pustaka.
Fitria, A., Haitsam, & Mardiyah. (2025). Analisis Penyusunan Rencana Anggaran Pendanaan Satuan Pendidikan Islam: Kajian Operasional Dan Teknis. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 4(1), 82–102.
Ilhami, M. W., Vera Nurfajriani, W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, W. (2024). Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(9), 462–469. https://doi.org/10.5281/zenodo.11180129
Karim Amarullah, A. (2022). DASAR-DASAR PENDIDIKAN. At-Ta’lim Jurnal Kebijakan Pendidikan Agama Islam, 4, 1–11. www.ejournal.an-nadwah.ac.id
Mursalin, S. Y. S. (2022). MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN MENUJU PENDIDIKAN YANG BERMUTU. UNISAN JURNAL: JURNAL MANAJEMEN DAN PENDIDIKAN, 01(03), 313–320.
Nunung Nurlina, & Riduwan Riduwan. (2024). Korelasi Perencanaan Dengan Sistem Penganggaran Dalam Pendidikan. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 190–201. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1357
Sudarmono, L. K. A. (2021). PEMBIAYAAN PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1
Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). PEMBIAYAAN PENDIDIKAN. JMPIS JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 266–280. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1
Syukri, M., Melisawati, S., Fatma, D., & Renanda, R. (2024). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 605–617. https://doi.org/10.5281/zenodo.13932587
Trianung Djoko Susanto, T., Iffatus Syarifah, A., Dawiyah, D., Adeela Kirana Budiman, F., Margareta, M., Kurnia Yanti, M., & Fatimah, Q. (2025). Studi Kelayakan dan Kebijakan Pembiayaan dalam Pengembangan Program Pendidikan. EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 12(2), 611–628. https://doi.org/10.30640/ekonomika45.v12i2.4475
Yunita, R., & Perdanawati, L. P. V. I. (2020). ANALISIS PRINSIP AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI DALAM PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH PADA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) KLUNGKUNG. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 196–211. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.434
Ratna Septati (2025) https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/efisiensi-anggaran-tetap-menjaga-alokasi-20-anggaran-pendidikan-dalam-apbn-2025
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional dan Call Paper

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.