OPTIMALISASI LITERASI KEUANGAN DIGITAL MELALUI PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI WONDR BNI SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN BPP KULIAH PADA MAHASISWA STIE YPUP

Penulis

  • Ratri Berliany Arief Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar
  • Syaqira Darwis Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar
  • Syafiqa Darwis Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar
  • Berty Josua Abudy Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar
  • Julia Nathasa Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar
  • Muh. Fuad Randy Prodi Akuntansi dan Manajemen STIE YPUP Makassar

Kata Kunci:

Digitalisasi, Aplikasi WONDR BNI, BPP Kuliah, Mahasiswa STIE YPUP,Literasi Keuangan Digital.

Abstrak

Digitalisasi sistem pembayaran di lingkungan pendidikan tinggi merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kecakapan digital .Oleh karena itu, dengan maraknya penggunaan aplikasi pembayaran digital mendorong kami selaku mahasiswa untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi WONDR BNI kepada mahasiswa STIE-YPUP sebagai alat pembayaran BPP kuliah. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa STIE YPUP dan difokuskan pada pemahaman teknis penggunaan aplikasi, manfaat digitalisasi,serta simulasi pembayaran BPP kuliah secara digital. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini : (1) Mahasiswa dapat mengoptimalkan penggunaan layanan digital.(2) Mahasiswa mampu memanfaatkan fitur-fitur pada aplikasi WONDR BNI. (3) Mahasiswa dapat melakukan pembayaran BPP melalui Aplikasi WONDR BNI .Pelatihan ini diharapkan dapat mendukung transformasi digital di lingkungan kampus dan meningkatkan literasi keuangan digital pada mahasiswa.

Referensi

Ananda Meylani Puteri, Intan Inanda, Rifaldy Bagas Prasetio, & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Literasi Digital terhadap Preferensi Bank Digital di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 3(4), 16–25. https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i4.4467

BNI. (2025). Sejarah Bank Negara Indonesia. In BNI (situs resmi). https://www.bni.co.id/id-id/perseroan/tentang-bni/sejarah

Hamzah, M., Shofi, A., Paulia, D. E., Efendi, J., Kunci, K., & Layanan, K. (2024). Analisis Kualitas Layanan Aplikasi Wondr By Bni Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus: Bank Bni Kcp Paiton). Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 8(1), 5–38. https://doi.org/10.56858/jmpkn.v8i1.400

Indonesia, C. (2021). BNI Raih Penghargaan Bank BUMN Terbaik 2021. In CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20210629234535-17-256918/bni-raih-penghargaan-bank-bumn-terbaik-2021

Kominfo. (2025). Pilar Indeks Masyarakat Digital Indonesia. In Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI). https://imdi.sdmdigital.id/tentang-kami/tentang-pilar

OJK. (2022). Tingkatkan Edukasi Digital, OJK Luncurkan Games Smart Digital Indonesia IOS Version. In Otoritas Jasa Keuangan. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Tingkatkan-Edukasi-Digital-OJK-Luncurkan-Games-Smart-Digital-Indonesia-IOS-Version.aspx

Rahayu. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Keuangan Digital- Studi pada Generasi Z di Indonesia . Reviu Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 6(1), 73–87. https://doi.org/10.18196/rabin.v6i1.142682

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional & Call for Paper STIE YPUP Makassar