PENGGUNAAN INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PADA UMKM ZAHRA CAKE
Kata Kunci:
Instagram, Promosi, UMKM, Literasi DigitalAbstrak
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang makanan, khususnya dalam bisnis kue, menunjukkan adanya peluang pasar yang signifikan namun sering kali terhambat oleh keterbatasan dalam promosi dan jangkauan pasar. Salah satu penyebabnya adalah kurang optimalnya penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran digital, khususnya Instagram yang memiliki jumlah pengguna aktif yang tinggi dan fitur visual yang sangat cocok untuk produk makanan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku UMKM Zahra cake dalam memanfaatkan Instagram sebagai alat promosi yang efektif, dengan harapan dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan latihan partisipatif yang melibatkan pelaku UMKM secara langsung dalam sesi pelatihan dan bimbingan. Kegiatan dimulai dengan analisis kebutuhan terkait pemahaman dan keterampilan digital para pelaku usaha. Selanjutnya, diberikan materi mengenai strategi pemasaran di Instagram, termasuk teknik mengambil foto produk yang menarik, penulisan caption yang menarik hati, penggunakan hashtag yang relevan, pengaturan jadwal unggahan, serta pemanfaatan fitur Instagram Stories, Reels, dan Insight. Bimbingan diberikan dengan peserta mendapat dukungan intensif dalam pembuatan konten, evaluasi kinerja postingan, serta interaksi dengan audiens. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta dalam menciptakan konten visual berkualitas, konsistensi dalam memposting, dan pemahaman tentang strategi pemasaran digital. Berdasarkan pengamatan lapangan pelaku usaha melaporkan adanya peningkatan penjualan selama periode pendampingan. Dampak lain yang terlihat adalah untuk meningkatnya kepercayaan diri pelaku UMKM dalam berkomunikasi secara digital dengan calon pelanggan dan terbentuknya jaringan promosi di antara pelaku usaha. Dengan demikian, strategi penggunaan Instagram bisa menjadi solusi yang efektif bagi UMKM Zahra cake dalam mengatasi keterbatasan promosi tradisional. Pengabdian ini memberikan kontribusi nyata peningkatan literasi digital bagi pelaku UMKM serta mendorong pergeseran pemasaran menuju model yang berbasis teknologi.
Referensi
Saeka, S. et al. (2024) ‘Evolution of Digital Marketing Strategy in UMKM: Case Study on Business Sustainability’, Journal of Community Service and Rural Development. 2024, 1(2). Available at: https://businessandfinanceanalyst.com.
Jose Beno, A. P. (2022, Maret). Dampak Pandemi Covid-19 pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi pada PT. Pelabuhan Indonesia II (Pesero) Cabang Teluk Bayur). Saintek Maritim, 22, 120-121. Dipetik April 20, 2023
Kompas. (2022, Januari 25). Skola. Diambil kembali dari Kompas: https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/25/120000869/kelebihan-dan-kekurangan-promosi-penjualan
Purwana, D., Rahmi, R. and Aditya, S. (2017) ‘Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), pp. 1–17. doi: 10.21009/jpmm.001.1.01.
PT. Top Karir Indonesia. (2021, Maret 24). Artikel. Diambil kembali dari Topkarir: https://www.topkarir.com/article/detail/langkah-awal-manajemen-sdm-untuk-kesuksesan-ukm
Rahmatul Jannatin N., M. W. (2020). Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Impact : Implementation and Action, 2.
Redcomm. (t.thn.). Knowledge. Diambil kembali dari Redcomm: https://redcomm.co.id/knowledges/manfaat-penerapan-digital-marketing-untuk-bisnis-di-era-teknologi?readmore=true
Watajdid, N. I. et al. (2021) ‘Peran Media Sosial, Engagement dan Interaksi Terhadap Perkembangan Digital Marketing’, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 20(2), pp. 163–179.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional dan Call Paper

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.