PELATIHAN METODE PENELITIAN KUALITATIF BAGI MAHASISWA

Penulis

  • Harry Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Kata Kunci:

pelatihan, metode kualitatif, peningkatan kompetensi mahasiswa.

Abstrak

Paper ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pelatihan metode penelitian kualitatif yang efektif bagi mahasiswa, dengan fokus pada aplikasi dalam pengabdian masyarakat. Pertanyaan penelitian yang mendasari studi ini adalah: (1) Bagaimana model pelatihan yang terstruktur dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang metode penelitian kualitatif? (2) Apa saja tantangan utama yang dihadapi mahasiswa dalam menerapkan metode kualitatif? (3) Sejauh mana pelatihan interaktif dapat meningkatkan kompetensi praktis mahasiswa? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran, menggabungkan data kuantitatif dari pre-test dan post-test dengan data kualitatif dari refleksi peserta. Pelatihan dilaksanakan selama satu hari dengan 20 mahasiswa sebagai peserta, mencakup tiga tahap utama: pemaparan konsep dasar, simulasi pengumpulan data, dan analisis data manual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta, dengan rata-rata skor post-test sebesar 8.5 (dari skala 10), dibandingkan rata-rata skor pre-test sebesar 4.5. Peserta juga melaporkan peningkatan kepercayaan diri dalam merumuskan pertanyaan penelitian, menerapkan teknik pengumpulan data, dan melakukan analisis tematik. Dampak pelatihan termasuk penguatan keterampilan praktis mahasiswa serta kesadaran akan pentingnya prinsip validitas dan reflexivity dalam penelitian kualitatif. Temuan ini mendukung perlunya pelatihan serupa yang lebih intensif dan berkelanjutan, dengan penekanan pada pendampingan berbasis proyek dan penggunaan tools digital.

Referensi

Berger, R. (2023). Enhancing reflexivity in qualitative research training. Qualitative Inquiry, 29(1), 45-60.

Berger, R., & Quinones, G. (2023). Teaching reflexivity in qualitative research methods courses. Qualitative Research Journal, 23(2), 145-159.

Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic analysis: A practical guide. Sage.

Braun, V., & Clarke, V. (2023). Successful qualitative research: A practical guide for beginners (2nd ed.). Sage.

Braun, V., Clarke, V., & Hayfield, N. (2022). Thematic analysis: A reflexive approach. Qualitative Psychology, 9(3), 1-15.

Bryant, A., & Charmaz, K. (2023). Grounded theory and social justice. Journal of Qualitative Research, 18(2), 112-130.

Bryant, A., & Charmaz, K. (Eds.). (2019). The SAGE handbook of current developments in grounded theory (2nd ed.). Sage.

Carter, S., & Bryant, A. (2023). Measuring learning outcomes in qualitative research education. Qualitative Inquiry, 29(2), 145-160.

Chen, L., & Hsu, P. (2023). Experiential learning in qualitative methodology education. Teaching in Higher Education, 28(3), 512-527.

Creswell, J. W. (2023). Designing and conducting qualitative research (5th ed.). Sage.

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2023). Designing and conducting mixed methods research (4th ed.). Sage.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage.

Hake, R. R. (2023). Interactive-engagement vs. traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Journal of Educational Research, 116(2), 145-160.

Johnson, J. L., & Walsh, W. J. (2022). Case-based learning in qualitative methods. Teaching in Higher Education, 27(4), 501-518.

Johnson, L., Smith, T., & Brown, K. (2023). Evaluating the impact of interactive training on qualitative research skills. Journal of Qualitative Methods, 22(1), 1-15.

Kolb, A., & Kolb, D. (2023). Experiential learning theory as a guide for qualitative research pedagogy. Qualitative Psychology, 10(1), 78-92.

Kolb, D. A. (2023). Experiential learning: Experience as the source of learning and development (3rd ed.). Pearson.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2023). Qualitative research: A guide to design and implementation (6th ed.). Jossey-Bass.

Miles, M. B. (2023). Qualitative research foundations: Building competence in novice researchers. Journal of Qualitative Studies, 18(1), 22-39.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Sage.

Nguyen, T., White, J., & Chen, L. (2023). Evaluating training effectiveness using gain score analysis. Educational Research Review, 45, 100812.

Patton, M. Q. (2023). Enhancing the quality and credibility of qualitative analysis. Qualitative Health Research, 33(1), 45-58.

Saldana, J. (2023). Coding and qualitative analysis. International Journal of Qualitative Methods, 22, 1-15.

Sandberg, J. (2023). Teaching ethnography: Challenges and innovations. Qualitative Research, 23(3), 301-320.

Sandelowski, M. (2023). Technology and qualitative research: A critical review. Journal of Qualitative Methods, 22, 1-14.

Smith, T., & Johnson, L. (2023). Barriers in learning qualitative methods for novice researchers. International Journal of Qualitative Studies, 16(2), 45-60.

Wilson, K., & Peterson, E. (2023). Active learning strategies in research methodology training. Teaching in Higher Education, 28(4), 512-528.

Woods, M., & Corti, L. (2023). Digital tools in qualitative research training: Overcoming technical barriers. Qualitative Research, 23(1), 45-63.

Yin, R. K. (2024). Case study research: Design and methods (7th ed.). Sage.

Yulianto, H. (2016). Statistik 1. Lembaga Ladang Kata.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional & Call for Paper STIE YPUP Makassar