JALAN KALLA DALAM BINGKAI KEARIFAN BUDAYA BUGIS SEBAGAI CORPORATE VALUE BERBASIS SPIRITUAL ISLAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE
Kata Kunci:
Jalan Kalla, Kalla Value, Budaya Perusahaan, Corporate Values, Good corporate governance, Teori keagenan.Abstrak
Artikel ini menganalisis bagaimana Jalan Kalla (Kalla Way), yakni himpunan corporate values Kalla Group—berperan sebagai “tata kelola berbasis perilaku” yang melengkapi mekanisme Good Corporate Governance (GCG). Berangkat dari kerangka teori keagenan, budaya organisasi, dan literatur GCG, tulisan ini bersifat konseptual dengan dukungan narasi historis Kalla Group (berdiri 1952) sebagai studi konteks. Kalla Values diturunkan dalam akronim K-A-L-L-A: Kerja adalah Ibadah, Apresiasi Pelanggan, Lebih Cepat, Lebih Baik, dan Aktif Bersama. Nilai tersebut dirancang mengombinasikan prinsip manajemen modern Timur–Barat dengan kearifan lokal Bugis (mis. sipatuo-sipatokkong, sipakalebbi, sipakainge) serta landasan spiritual Islam, dan diintegrasikan ke dalam sistem manajemen (induksi karyawan, KPI, dan pembelajaran korporat). Analisis menunjukkan bahwa internalisasi nilai memperkuat integrasi internal, menumbuhkan kepercayaan pemangku kepentingan, menekan peluang moral hazard dan manajemen laba melalui penguatan komitmen, transparansi, dan akuntabilitas, serta menopang daya tahan dan pertumbuhan lintas generasi. Tulisan ini menyumbang gagasan bahwa corporate values yang dikodifikasi dan dioperasionalkan dapat berfungsi sebagai mekanisme pengendalian perilaku yang menjaga keberlanjutan perusahaan sekaligus memperkuat implementasi GCG.
Referensi
USA. Asyik, N. F. (2006). Peranan Transformational Leadership Untuk Mengurangi Konflik Dalam Hubungan Keagenan. Jurnal Siasat Bisnis, 11(2).
Bowen, G. A. (2009). Document analysis as a qualitative research method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40.
Braun, G. P., & Rodriguez Jr, R. P. (2008). Earnings management and accounting values: a test of Gray (1988). Journal of International Accounting Research, 7(2), 1–23.
Braun, V., & Clarke, V. (2021). Thematic analysis: A practical guide.
Chongruksut, W. (2009). Organizational culture and the use of management accounting innovations in Thailand. Ramkhamhaeng University International Journal, 3(1), 113–126.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Eker, Z., Bilir, S., Yaz, E., Demircan, O., & Helvacı, M. (2009). New absolute magnitude calibrations for WUrsa Majoris type binaries. Astronomische Nachrichten: Astronomical Notes, 330(1), 68–76.
Fama, E. F., & Jensen, M. C. (1983). Separation of ownership and control. The Journal of Law and Economics, 26(2), 301–325.
Imam, M. O., & Malik, M. (2007). Firm performance and corporate governance through ownership structure: Evidence from Bangladesh stock market. International Review of Business Research Papers, 3(4), 88–110.
Kaihatu, T. S. (2006). Good corporate governance dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–9.
Kasali, R. (2012). Cracking Values Bersih, Bersinar dan Kompetitif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Lincoln, Y. S. (1985). Naturalistic inquiry (Vol. 75). sage.
Meckling, W. H., & Jensen, M. C. (1976). Theory of the Firm. Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure, 3(4), 305–360.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. (No Title).
Moeljono, D. (2006). Good corporate culture. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 153–156.
Nowell, L. S., Norris, J. M., White, D. E., & Moules, N. J. (2017). Thematic analysis: Striving to meet the trustworthiness criteria. International Journal of Qualitative Methods, 16(1), 1609406917733847.
Pasaribu, H. (2008). Penerapan Total Quality Management pada BUMN Manufaktur di Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntabilitas.
Saadat, V., & Eskandari, Z. (2016). Talent management: The great challenge of leading organizations. International Journal of Organizational Leadership, 5, 103–109.
Schein, E. H. (2010). Organizational culture and leadership (Vol. 2). John Wiley & Sons.
Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Sage.
Watts, R. L., & Zimmerman, J. L. (1986). Positive accounting theory.
Yin, R. K. (2018). Case study research and applications (Vol. 6). Sage Thousand Oaks, CA.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional dan Call Paper

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.