DAMPAK PERKEMBANGAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN GEN Z

Penulis

  • Ambia Maharani Program Studi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YPUP Makassar

Kata Kunci:

Media sosial, pengelolaan keuangan, Gen Z

Abstrak

Perkembangan media sosial yang semakin pesat sudah mempengaruhi segala macam aspek kehidupan, salah satunya cara generasi muda mengelola keuangan mereka. Generasi ini tumbuh dengan perkembangan digital, yang menunjukkan pola pengelolaan dan konsumsi keuangan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengidentifikasi dampak sosial media terhadap pengelolaan keuangan gen z. Tujuan utama dari artikel ini ialah untuk memberikan gambaran pada Gen Z agar menggunakan media sosial kearah yang lebih bermanfaat dan membangun bibit unggul untuk masa depan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini adalah metode tinjauan literatur yang mencakup berbagai aspek teknik data pengumpulan literatur, mencatat dan membaca, serta mengola bahan penelitian. Hasil dari artikel ini ialah agar mengetahui bahwa sosial media dan teknologi sangat berperan penting dalam menumbuhkan literasi keuangan terlebih mengelola keuangan dengan bijak, tetapi dapat berdampak buruk dan menjadi konsumtif jika informasi ataupun konten yang dikonsumsi dapat merubah pola pikir menjadi buruk. Penelitin ini merekomendasikan adanya peningkatan selektivitas dan literasi keuangan digital dalam dalam memproduksi konten di media sosial untuk mengoptimalkan manfaat positifnya.

Referensi

Asrun, Nicky Armayfa, and Ade Gunawan. "Pengaruh Gaya Hidup dan Media Sosial terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z di Kota Medan dengan Literasi Keuangan sebagai Media Intervening." Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan 5.1 (2024): 173-186.

Sahabuddin, Romansyah, et al. "ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF DAN PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA GEN Z UNIVERSITAS DI MAKASSAR." Jurnal Rumpun Manajemen dan Ekonomi 2.3 (2025): 399-408.

Oktaviani, M., Oktaria, M., Alexandro, R., Eriawaty, E., & Rahman, R. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 9(2), 136-145.

Maharani, Putu Serly, and Putu Sri Arta Jaya Kusuma. "Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, Dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi Pada Generasi Z Di Kota Denpasar." Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi) 14.1 (2025): 154-161.

Hasim As’ari, S. E., et al. "PERAN TEKNOLOGI DAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN GEN-Z." Prosiding Caption 3 (2024): 203-211.

Fungky, Tiana, Tiara Puspita Sari, and Vicky F. Sanjaya. "Pengaruh gaya hidup serta literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi z pada masa pandemi." Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan2.1 (2022): 82-98.

Maulana, Muhamad Chandra, et al. "ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP GEN Z TERHADAP TATA KELOLA KEUANGAN PRIBADINYA." Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi: EMBA 3.1 (2024): 231-239.

Aji, Agung Kesuma, Nurintan Asyiah Siregar, and Mulkan Ritonga. "Pengaruh Media Sosial, Literasi Digital Dan Literasi Finansial Terhadap Minat Berwirausaha Gen-Z Di Labuhanbatu." Economics and Digital Business Review 6.2 (2025): 1321-1337.

Rizkynanda, Meilita, and Sri Rahayuningsih. "PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KESIAPAN FINANSIAL GENERASI Z MAHASISWA DI SURABAYA DAN SIDOARJO." KOMPLEKSITAS: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS 14.1 (2025): 58-69.

Kurnia, Yosi, Sri Mona Octafia, and Dina Hadia. "Fenomena “Financial Influencer” dan Pengaruhnya Terhadap Literasi Keuangan Gen-Z di Kota Padang." JOURNAL ECONOMICS AND STRATEGY 6.1 (2025): 44-57.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-26

Terbitan

Bagian

Seminar Nasional & Call for Paper STIE YPUP Makassar