EDUKASI PEMILIHAN FILM LAYAK TONTON BAGI KELUARGA: UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MULTILITERASI MASYARAKAT
Kata Kunci:
Multiliterasi, klasifikasi film, film layak tontonAbstrak
Kegiatan edukasi ini bertujuan membangun kebiasaan menonton yang sehat di keluarga. Dengan adanya pelatihan, forum diskusi, serta rekomendasi film yang bermanfaat melalui pemahaman multiliterasi, diharapkan masyarakat dapat memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang pentingnya memilih tontonan yang tepat. Diharapkan masyarakat dapat lebih bijaksana dalam memilih tontonan yang memberikan nilai positif, mempererat hubungan keluarga, dan mendukung perkembangan anak yang lebih baik. Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pemilihan film sebagai media pendidikan, di mana film tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk menanamkan nilai moral yang baik. Para peserta akan dibekali dengan pengetahuan lebih mendalam mengenai literasi media, serta keterampilan untuk menilai film yang sesuai dengan usia anak-anak. Penyuluhan literasi media juga dilakukan untuk mengedukasi orang tua mengenai pentingnya memilih film yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dan mengandung nilai moral yang positif. Pada intinya, tujuan utama dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk menciptakan masyarakat yang lebih bijak dalam memilih tontonan yang dapat mendukung perkembangan karakter anak-anak dan menciptakan keluarga yang harmonis dan mendidik serta untuk meningkatkan literasi film di kalangan masyarakat, khususnya ibu-ibu PKK di Desa Cipenjo, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, agar mereka dapat memahami pentingnya memilih film yang sesuai untuk keluarga, terutama anak-anak. Masyarakat yang telah teredukasi mengenai literasi media akan lebih mampu memilih film yang positif dan dapat mendukung perkembangan karakter anak-anak mereka. Adapun kegiatan ini dilakukan secara luring dengan menggunakan metode pelatihan, forum diskusi, dan penayangan rekomendasi film yang sesuai usia. Hasil dan dampak dari kegiatan ini berupa peningkatan pemahaman peserta mengenai pentingnya memilih film sesuai dengan klasifikasi. Selain itu pengetahuan masyarakat bertambah mengenai pentingnya cermat dalam memilih film layak tonton bagi keluarga berdasarkan adegan dan ujaran pada film. Program ini dilaksanakan dalam empat sesi pelatihan yang memberikan pengetahuan praktis tentang kriteria film yang cocok untuk ditonton. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan kemampuan memilih film yang bermanfaat, sehingga mendukung pembangunan multiliterasi keluarga yang berkelanjutan.
Referensi
Buckingham, D. (2003). Media education: Literacy, learning and contemporary culture. Cambridge: Polity Press.
McLuhan, M. (1964). Understanding media: The extensions of man. New York: McGraw-Hill.
Hall, S. (2001). Cultural studies: Theory and practice. London: Sage Publications.
Castells, M. (2000). The rise of the network society. Oxford: Blackwell Publishers.
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
McQuail, D. (2010). Mass communication theory (6th ed.). London: Sage Publications.
Locke, J. (1693). Some thoughts concerning education. London: A. & J. Churchill.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Seminar Nasional dan Call Paper

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.