ANALISIS LOYALITAS DI PT. TELKOM INDONESIA (PERSERO) TBK WILAYAH TELEKOMUNIKASI KOTA MAKASSAR BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN KERJA DAN KOMUNIKASI INTERNAL
Kata Kunci:
Kepuasan kerja, komunikasi internal, loyalitas karyawan, PT Telkom IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan komunikasi internal terhadap loyalitas karyawan pada PT Telkom Indonesia. Fokus penelitian menjawab pertanyaan: (1) Bagaimana pengaruh kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan? (2) Bagaimana pengaruh komunikasi internal terhadap loyalitas karyawan? (3) Seberapa besar kontribusi bersama kedua variabel tersebut terhadap loyalitas karyawan?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup yang disebarkan kepada 50 karyawan PT Telkom Indonesia dengan teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25 untuk menguji pengaruh variabel independen (kepuasan kerja dan komunikasi internal) terhadap variabel dependen (loyalitas karyawan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap loyalitas karyawan (β=0,582; p<0,05), dimana setiap peningkatan kepuasan kerja akan meningkatkan loyalitas sebesar 58,2%. (2) Komunikasi internal juga berpengaruh signifikan (β=0,288; p<0,05) dengan kontribusi 28,8%. (3) Secara simultan, kedua variabel menjelaskan 92,3% variansi loyalitas karyawan (R²=0,923). Temuan ini memberikan implikasi praktis bahwa perusahaan perlu memprioritaskan program peningkatan kepuasan kerja melalui pengembangan karir dan sistem remunerasi yang adil, serta memperkuat saluran komunikasi vertikal dan horisontal untuk membangun loyalitas karyawan jangka panjang.
Referensi
Ayu, Dewa, Dwi Putri, and I Made Santosa, ‘Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Maya’, 6.2 (2020), pp. 258–69
Ayunasrah, Tiswanti, and others, ‘Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bener Meriah’, Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 4.1 (2022), pp. 1–10, doi:10.55542/juiim.v4i1.147
Huda, Syamsul, ‘Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Keterlibatan Karyawan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan’, Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (SENESIS), 2.1 (2024), pp. 65–73
Hutasoit, Enzelika, and others, ‘Optimalisasi Komunikasi Internal Dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja Karyawan : Studi Literatur PT Dwi Indah’, 7 (2024), pp. 15026–32
Jannah, Fitri Lutnatul. (2024). ‘Pengaruh Motivasi, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pada Mitra Gamesindo Semarang’. (Fakultas Ekonomi, Universitas Tidar).
Lazuardi, Bayu, and Muhammad Ikhsan Harahap, ‘Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Personil Polisi Biro Rena Polda Sumatera Utara’, Trending: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi, 2.1 (2024), pp. 125–34
Mijaya, Rudi, and Febsri Susanti, ‘Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Internal Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Bkpsdm) Kabupaten Agam’, Jurnal Economina, 2.2 (2023), pp. 562–73, doi:10.55681/economina.v2i2.336
Ritonga, Zuriani, and others, ‘Pengaruh Gaya Komunikasi Dan Gaya Kepemimpinan Dalam Membangun Loyalitas Karyawan’, AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4.2 (2024), pp. 526–33, doi:10.37481/jmh.v4i2.865
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Kategori
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 MACAKKA Journal of Management Studies

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


